SELAMAT DATANG KAWAN....

Saya ucapkan SELAMAT DATANG bagi para pengunjung blog...Semoga senantiasa SUKSES!!!
Saya sangat mengharapkan partisipasi, kritik, & ssarannya demi kemajuan kita bersama...

Senin, 14 Februari 2011

TRANSFORMASI SOSIAL EKONOMI NEGARA TAIWAN


Challenge 2008 : THE NATIONAL DEVELOPMENT PLAN
  Cultivating talent for the e-generation
  Developing the cultural creativity industry
  Developing and international base for R & D and innovation
  Increasing value-added production
  Doubling the number of tourists visiting Taiwan
  Developing “Digital Taiwan” or e-Taiwan
  Developing Taiwan as an Operations Headquarters
  Improving the transportation Infrastructure
  Conservating water resources and the ecology
  Building new hometown communities

E-GOVERNMENT PROGRAMME
q Mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi
q Mereformasi prosedur layanan umum dan bisnis
q Memungkinkan agensi pemerintah, dunia bisnis, dan masyarakat umum


Mid-term e-Government Implementation Plan (1997 – 2000)
Perencanaan ini terfokus pada tiga area utama :
  • Pengembangan secara menyeluruh tulang punggung jaringan pemerintah
  • Mengembangkan layanan publik online dan aplikasi administratif
  • Mengakselerasi pertukaran informasi pemerintah
  • Membuat sertifikasi elektronis dan mekanisme keamanan jaringan

E-Government Action Programme (2001-2004)
Tujuan :
untuk membuat aplikasi yang dibutuhkan dalam penerapan e-Government.
Tujuan utama dari program ini adalah :
mempromosikan aplikasi internet untuk meningkatkan daya saing nasional masyarakat dan dunia industri.

Target yang ingin dicapai E-Government Action Programme (2001-2004)  adalah sebagai berikut :
  Mengimplementasikan pertukaran dokumen resmi secara elektronis pada semua tingkatan level pemerintahan dalam satu tahun.
  Memungkinkan semua level organisasi pemerintah untuk membangun website dan menyediakan layanan berbasis internet dalam waktu dua tahun.
  Mempersiapkan tenaga kerja di pemerintahan untuk dapat menggunakan internet dalam waktu 3 tahun
  Mengembangkan 1.500 layanan berbasis internet dalam waktu empat tahun.

Implementation Strategis
Proyek e-Government pemerintah Taiwan dilakukan dengan berdasarkan atas tiga fase program:
ß  Penetrasi dan pengembangan infrastruktur.
ß  Pengembangan layanan online.
ß  Mobile Government.

E-GOVERNMENT PKI
Beberapa inisiatif yang berhasil diimplementasikan oleh pemerintah Taiwan adalah seperti berikut:
  Pemerintah telah berhasil mengembangan sistem email yang dapat digunakan oleh semua departemen dan agensi pemerintah.
  Pertukaran dokumen secara elekstronis sudah dapat dilakukan.
  Database nasional yang menyediakan akses untuk semua informasi terkait dengan hukum dan regulasi.

CHALLENGE AND HOPE FOR THE FUTURE
Secara umum, Taiwan telah berhasil melakukan berbagai perubahan besar semenjak program e-Government diluncurkan pada tahun 1997. Infrastruktur dasar telah berhasil dibuat dan juga beberapa layanan online sudah dapat doperasikan. Sampai dengan akhir 2002, RDEC memberikan laporan bahwa pertukuran dokumen resmi pemerintah sudah dapat dilakukan sepenuhnya secara elektronis dan lebih dari 10 persen layanan aplikasi pemerintah sudah dapat diakses dan digunakan oleh masyarakat.

8 komentar:

  1. Taiwan telah berhasil melakukan berbagai perubahan besar semenjak program e-Government diluncurkan pada tahun 1997. Infrastruktur dasar telah berhasil dibuat dan juga beberapa layanan online sudah dapat doperasikan. Sampai dengan akhir 2002, RDEC memberikan laporan bahwa pertukuran dokumen resmi pemerintah sudah dapat dilakukan sepenuhnya secara elektronis dan lebih dari 10 persen layanan aplikasi pemerintah sudah dapat diakses dan digunakan oleh masyarakat.
    Sedangkan negara kita tahun 1997 sedang maraknya reformasi, tahun 2002 baru persiapan pembenahan. Begitu tertinggalnya kita. Ayo mulai bangun dan lari dong biar gak ketinggalan dengan yang lain...
    Terima kasih...

    BalasHapus
  2. Taiwan telah berhasil melakukan berbagai perubahan besar semenjak program e-Government diluncurkan pada tahun 1997. Infrastruktur dasar telah berhasil dibuat dan juga beberapa layanan online sudah dapat doperasikan. Sampai dengan akhir 2002, RDEC memberikan laporan bahwa pertukuran dokumen resmi pemerintah sudah dapat dilakukan sepenuhnya secara elektronis dan lebih dari 10 persen layanan aplikasi pemerintah sudah dapat diakses dan digunakan oleh masyarakat
    Sedangakan negara kita tahun 1997 baru maraknya reformasi. Ayo dong bangun dan segera berlari tuk mengejar ketinggalan kita...
    Terima kasih...

    BalasHapus
  3. Taiwan telah berhasil melakukan berbagai perubahan besar semenjak program e-Government diluncurkan pada tahun 1997. Infrastruktur dasar telah berhasil dibuat dan juga beberapa layanan online sudah dapat doperasikan. Sampai dengan akhir 2002, RDEC memberikan laporan bahwa pertukuran dokumen resmi pemerintah sudah dapat dilakukan sepenuhnya secara elektronis dan lebih dari 10 persen layanan aplikasi pemerintah sudah dapat diakses dan digunakan oleh masyarakat.
    Ayo dong kita mulai bangun n bangkit tuk mengejar ketertinggalan kita, meskipun terlambat..."bettre late than never"..

    BalasHapus
  4. Nampaknya masyarakat Taiwan sudah selangkah lebih maju apabila dibandingkan dengan masayarakt kita. Transformasi sosial ekonomi di sana sudah mengaplikasikan IT. Kalau sudah bagus begitu, penerapan e-Gov di Taiwan pasti akan berhasil (sarno)

    BalasHapus
  5. Nampaknya, masyarakat Taiwan selangkah lebih maju daripada masyarakat kita. Buktinya, dalam transformasi sosial ekonomi sudah menggunakan IT. Kalau sudah bagus begitu, maka penerapan e-Gov di Taiwan akan lebih berhasil (sarno)

    BalasHapus
  6. Taiwan yang mungkin belum tentu menang SDAx dibanding dengan Banyumas bisa semaju itu, tentunya dengan keterbatasannya menyebabkan etos kerja mereka yang sangat tinggi,disamping etos kerja yang tinggi pen erapan e-gov yang baik semakin meningkatkan kualitas mereka, pux gak kita komitmen untuk menerapkan e-gov seperti Taiwan?

    BalasHapus
  7. Taiwan yang SDAx tidak lebih dari Banyumas bisa semaju itu, dengan keterbatasan itu menjadi pemicu etos kerja mereka, tentunya dengan peningkatan etos kerja birokrat Indonesia bisa jadi Indonesia akan lebih maju dari mereka

    BalasHapus
  8. Inti dari semua adalah SDM yang baik dan bersih, baik itu dari pemerintah ataupun dari warga masyarakat itu sendiri.karena hal itu merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan.

    BalasHapus